Rabu, 30 April 2014

Etika Profesi Masa Depan

Profesi Manager


Seorang manager merupakan pengatur dan koordinator yang bertanggung jawab atas berjalannya sistem atau organisasi dari suatu proyek yang berjalan. Seorang manager juga harus sigap dalam mengambil sikap yang tepat dan cepat agar kelangsungan dari suatu projek agar kelangsungan projek dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat menghasilkan karya sesuai yang diharapkan oleh client.

Selain mengkoordinasi tim kerja atau bawahan, manager juga betanggung jawab untuk selalu membuat terobosan-terobosan baru yang inovatif untuk menarik para konsumen maupun mempertahankan pelanggan dari ancaman para kompetitor pasar. Bagi manager, setiap data keuangan dan proyek perusahaan yang ada tentulah sangat berguna oleh karenanya manager juga membutuhkan software semacam database untuk menyimpan data dan kemudian dengan mudah diakses kembali untuk dijadikan suatu rujukan ketika akan mengambil sebuah keputusan baru untuk keefektifan kinerja dari perusahaan tersebut.
Software database tersebut juga berguna bagi mereka yang bergelut dibidang menejemen pemasaran. Data-data yang tersimpan biasanya merupakan data-data penjualan, penetapan harga dan jumlah uang yang dipakai untuk membuat suatu barang (modal). Berangkat dari data-data ini semua, akan ditetapkan harga dari barang yang baru dibuat dan kemudian didistribusikan dengan harga yang relevan di persaingan pasar.

Kode Etik dalam Profesi Manager yaitu :
1. Bertanggung Jawab
Manager bertanggung jawab atas proyek, organisasi, dan tim kerjanya itu sendiri. Setiap tanggung jawab itu memiliki peran yang sedikit berbeda contohnya saja tanggung jawab pada proyek manager yang sedang ditangani, proyek harus selesai dengan budget spesifikasi dan waktu. Ketiga aspek itu harus dipenuhi oleh manager, proyek yang dijalani harus sesuai dengan apa yang direncanakan, taat kepada setiap kebijakan yang di keluarkan di organisasi tersebut harus mengambil keputusan dengan wewenang yang terbatas dari organisasi dan juga seorang manager harus mengambil keputusan yang terbaik bagi organisasinya.

Manager juga harus bertanggung jawab kepada tim kerja yang ia pimpin. Seorang manager harus memberikan feedback dari hasil proyek, memberikan penghargaan kepada anggota tim proyek yang berprestasi yang baik dan ada tantangan yang tingkat kesulitannya agak susah yaitu anggota tim, kepentingan tim dan kepentingan proyek. Dan, tanggung jawab yang terakhir yaitu tanggung jawab terhadap dirinya sendiri, ini sangat penting karena inilah profesi yang anda pilih dan yang akan anda tekuni.

2. Project management process skill (hard skill)
Pengetahuan dan keahlian yang berhubungan dengan mekanisme dari managemen dan harus bisa menguasai teknik.

3. Memilik integritas yang tinggi. 

4. Toleransi terhadap ketidakpastian. 

5. Memiliki keyakinan yang tinggi. 

6. Tegas dalam berbagai hal. 

7. Percaya diri/reflektif.

8. Terbuka terhadap rekan kerja.

9. Memiiliki kemampuan dalam analisa dan tanggap terhadap masalah yang terjadi.
Teliti , berhati-hati, penuh perhitungan dalam berpikir dan bertindak, serta tidak tergesa-gesa dan tidak ceroboh dalam melaksanakan pekerjaan.

10. Merencanakan kegiatan-kegiatan dalam proyek, tugas-tugas dan hasil akhir, termasuk pemecahan pekerjaan, penjadwalan dan anggaran.

11. Mengorganisasikan, memilih dan menempatkan orang-orang dalam tim proyek. 

12. Mengindentifikasikan masalah-masalah teknis.

13. Menyelesaikan konflik yang terjadi dalam proyek.

14. Taat / disiplin kepada setiap kebijakan yang di keluarkan organisasi.
Untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharus untuk tunduk kepada keputusan, perintah dan peraturan yang berlaku.

Manajer yang baik adalah orang yang selalu meningkatkan skill yang dimilikinya seperti meningkatkan technical skills,leadership skill,communication skill, dan skill lainnya. Hal terpenting yang harus dimiliki oleh projek manajer adalah kemampuan menjalin kerjasama yang baik dengan client dan mampu memimpin dan mendelegasikan tugas dan tanggung jawab kepada anggota tim yang dipimpinnya.
Kesalahan yang dilakukan oleh projek manajer akan membawa dampak yang besar untuk perusahaannya karena berhubungan dengan customer/pelanggan. Pelanggan yang kecewa akan sulit untuk kembali melakukan transaksi dengan perusahaan tersebut.

Referensi :
http://daryatilahtanza.blogspot.com/2013/06/analisis-etika-profesi-seorang-projek.html
http://senjadbilly.blogspot.com/2013/04/profesi-project-manager_21.html
http://ahmadfaisyal.blogspot.com/2013/10/etika-profesi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar