Senin, 05 November 2012

Analisa Gaya Bahasa Pada Iklan Rinso



Pada saat ini semakin banyak tawaran berbagai macam produk kepada kita. Sebagai calon konsumen tentunya hal ini menjadi masalah buat kita, kita dibuat bingung oleh perusahaan-perusahaan produksi dan perusahan-perusahaan penyalur berbagai macam produk itu, sebenarnya produk mana yang cocok dengan kebutuhan kita?, dan saat-saat seperti ini juga bisa menjadi ajang bagi perusahaan-perusahaan untuk menunjukkan kualitas mereka, baik itu kualitas barang yamg mereka produksi maupun kualitas copy writer-nya dalam mempengaruhi calon konsumen untuk membeli dan memakai produk yang mereka tawarkan.

Dalam hal ini, apapun media yang digunakan untuk berpromosi, gaya bahasa akan sangat diperhatikan oleh perusahaan yang akan memasang iklan produknya, karena gaya bahasa mempunyai efek yang sangat kuat untuk mempengaruhi calon konsumen membuat keputusan produk sejenis dari merk mana yang akan dibeli.


Gaya Bahasa Pada Iklan Rinso

=================================



Rinso Anti Noda menggunakan slogan “membersihkan paling bersih”. Jelas terlihat pada slogan ini bahwa Rinso Anti Noda memberikan jaminan kepada calon konsumennya bahwa jika anda mencuci dengan rinso anda akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Slogan ini sangat kuat nuansa hiperbolanya dengan penggunaan kata “paling”, jadi slogan ini bermakna “tidak ada sabun cuci lain yang bisa membersihkan cucian, kecuali menggunakan Rinso Anti Noda. Penggunaan slogan ini tentunya akan memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada calon konsumennya, karena produk ini memang sangat cocok digunakan untuk mencuci.

Bila kalimat ini ditinjau dari segi makna, maka yang kita dapatkan adalah Rinso adalah detergen terbaik dalam membersihkan pakaian. Ini tercermin dalam penggunaan kata "paling" yang bermakna superlatif. Dengan didukung oleh formula-formula yang ada di dalamnya, terbukti Rinso lah detergen yang mampu menjawab masalah terkait dengan masalah kebersihan.
Dalam konteks persuasi, kalimat di atas ingin mengatakan kepada masyarakat bahwa Rinso lah satu-satu detergen yang pantas dipilih dan digunakan. Mengapa? Karena salah satu unsur penting dalam masalah cuci-mencuci pakaian adalah hasil cucian yang bersih dan ini bisa dilakukan oleh Rinso.

Jika ditelusuri mengapa perusahaan sabun cuci lebih suka menggunakan gaya bahasa hiperbola pada kemasan produknya, ternyata hal ini disebabkan oleh nuansa yang ditimbulkan oleh gaya bahasa hiperbola tersebut. Gaya bahasa hiperbola pada kemasan sabun cuci tidak hanya menimbulkan kesan “wah” dari suatu produk sabun cuci tertentu, namun lebih dari itu, gaya bahasa hiperbola ini bisa memanipulasi pikiran calon konsumen untuk tidak menggunakan produk sejenis lainnya dan bisa memberikan perasaan nyaman dan puas konsumen.


Referensi :

http://nederindo.com
http://arif-irfan-fauzi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar