Minggu, 28 Oktober 2012

Perkembangan Teknologi pada SmartPhone

1. Pengertian SmartPhone

Smartphone adalah handphone/telepon genggam pintar yang kemampuannya hampir sama dengan sebuah komputer, jika dilihat dari kemampuannya, handphone tersebut bisa mengedit video, membuka file-file dokumen yang berbasis word, powerpoint, dan excel, bisa menonton video streaming,dan lain sebagainya. Mengapa handphone ini disebut hampir menyerupai komputer ? karena handphone jika di lihat dari segi hardware atau perangkat keras, ia mempunyai Ram dan processor untuk memproses apa yang di input si user/penggunannya, selain itu beberapa smart phone juga menggunakan sistem operasi yang berbasis android, apple, blackberry, bahkan pada handphone nokia yang baru keluar akhir-akhir ini menggunakan sistem operasi Windows Phone.

Samartphone merupakan salah satu media teknologi yang paling cepat perkembangngannya. Dalam beberapa tahun belakangan, perkembangan smartphone telah mengalami lompatan yang luar biasa dalam aspek apa pun. Terutama aspek hardware, berbagai pabrikan ponsel pintar di seluruh dunia juga telah berhasil melangkah begitu jauh. Bila dianalogikan, maka perkembangan teknologi secara keseluruhan sungguh sangat sulit untuk dibayangkan.

2. Perkembangan SmartPhone



Berawal pada tahun 1992, smartphone dirancang pertama kali oleh IBM pada 1992, diberi nama Simon dan dipamerkan sebagai produk konsep tahun itu di COMDEX, sebuah pameran komputer di Las Vegas, Nevada. Dipasarkan ke publik pada tahun 1993 dan dijual oleh BellSouth. Fitur yang tersedia seperti kalender, buku telepon, jam dunia, tempat pencatat, surel, kemampuan mengirim dan menerima faks dan menggunakan layar sentuh untuk memilih nomor telepon dengan jari atau membuat faksimile dan memo dengan tongkat stylus. Bagi standar masa kini, Simon merupakan produk tingkat rendah, tetapi fitur-fiturnya pada saat itu sangatlah canggih.

Kemudian di tahun 1996, Nokia merilis telepon pintar pertamanya dan diberi nama Nokia 9000.


Dari bentuknya yang mirip seperti komputer tangan, telepon pintar ini merupakan hasil penggabungan antara model PDA buatan Hewlett Packard yang sukses dan mahal dengan telepon Nokia yang laris pada waktu itu.

Di tahun 2002, RIM mengeluakan BlackBerry pertama yang merupakan telepon pintar pertama dengan penggunaan surel nirkabel yang optimal.

Kembali dengan produk barunya, tahun 2005 Nokia menerbitkan seri-N telepon pintar 3G yang dijual bukan sebagai telepon genggam tetapi sebagai komputer multimedia.
Android, OS untuk telepon pintar keluaran tahun 2008.Android didukung oleh Google, bersama pengusaha piranti keras dan lunak yang terkemuka seperti Intel, HTC, ARM, Motorola dan eBay, yang kemudian membentuk Open Handset Alliance.
Smartphone kembali mengejutkan dengan hadirnya inovasi baru di tahun-tahun belakangan ini.

3. Inilah Inovasi Terbaru dari Smartphone

Smartphone tahan air


Kerusakan yang paling sering dialami smartphone adalah basah oleh air. Kini telah lahir teknologi baru yang memungkinkan smartphone tetap bisa bekerja meski telah tercelup air.Samsung dan Apple saat ini tengah mengembangkan teknologi yang disebut HZO itu.

Teknologi ini bukan perangkat berupa pelapis biasa yang ditujukan untuk menjaga smartphone tetap kering.HZO adalah sebuah penghalang dari film berskala nano yang bisa menjauhkan air. Benda tersebut akan ditanamkan dalam perangkat gadget saat proses produksi.


Smartphone Bisa Jadi Pengganti Kartu Kredit


Perusahaan telekomunikasi asal Inggris ini telah berkolaborasi dengan penerbit kartu kredit Visa merilis pelayanan terbaru, dimana penggunanya bisa membayar barang atau jasa hanya dengan menempelkan smartphone ke scanner di kasir.

Chief Executive Vodafone Vittorio Colao seperti dikutip dari Daily Mail mengatakan, metode pembayaran baru ini merepresentasikan 'tahapan baru dari era revolusi smartphone' yang menawarkan pelayanan lebih cepat, mudah dan nyaman bagi para konsumen.

Dijadwalkan akan rilis di seluruh dunia pada musim semi tahun ini, 'mobile wallet' masih dikhususkan bagi pengguna Visa prepaid account dan tersedia di seluruh toko Vodafone. Teknologinya sendiri dinamakan Visa payWave mobile. Namun tak menutup kemungkinan, nantinya pelayanan ini bisa digunakan untuk semua smartphone dan kartu kredit.

Seiring bertambahnya tahun, semakin banyak pula inovasi-inovasi yang tercipta. Hubungan posting saya dengan etika profesi adalah perkembangan teknologi ini di latar belakangi oleh EGO setiap individu. Manusia selalu menginginkan perubahan maka dari itu muncul banyak inovasi-inovasi yang pastinya akan mempermudah ruang gerak manusia itu sendiri. Setiap perubahan atau setiap kejadian juga pasti memiliki sisi posotif dan sisi negatif. Salah satu sisi positif dari inovasi dalam bidang teknologi adalah manusia akan mengetahui dunia luar dengan sangat mudah dengan adanya internet. Jadi pada jaman sekarang ini sudah tidak ada cerita lagi bahwa orang tidak mengetahui berita terkini. Dan salah satu sisi negatifnya adalah penyalahgunaan teknologi. Misalnya makin maraknya penipuan, hacking dan kejahatan-kejahatan lain di bidang teknologi yang sangat melanggar kode etika komputer.


Referensi :
http://wolipop.detik.com
http://devyalvyoni.blogspot.com
http://www.teknokers.com
http://redha-jauhar-r.blog.ugm.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar