Minggu, 03 Oktober 2010

Pengertian,tujuan, hubungan dengan IPS dan ruang lingkup ISD

Nama : NURUL HIDAYATI
NPM : 18110909
Kelas : 1KA31

Tugas merangkum Ilmu Sosial dasar (ISD)

BAB 1

A. PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR

Ilmu sosial dasar merupakan ilmu pengetahuan yang meneliti dan mengkaji masalah sosial, yang berdasarkan pengertian-pengertian /fakta,konsep,dan teori yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu sosial, diantaranya: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.

Ilmu sosial dasar bukan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang disatukan, karena masing-masing ilmu tersebut memiliki objek dan metode ilmiahnya sendiri. Maka, tidak mungkin ilmu-ilmu tersebut disatukan. Namun, ilmu sosial dasar bukan disiplin ilmu tersendiri, karena ilmu ini tidak memiliki objek dan metode ilmiah tersendiri dan tidak juga mengembangkan suatu penelitian seperti disiplin ilmu sosial lain.

Oleh sebab itu, ilmu sosial dasar merupakan suatu bahan studi atau program pengajaran yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan atau pengajaran di Indonesia khususnya di perguruan tinggi. Ilmu ini diberikan untuk mengetahui pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial.



B. TUJUAN ILMU SOSIAL DASAR

Ilmu sosial dasar mempunyai tujuan, yaitu:
 Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah sosial dalam masyarakat
 Sadar bahwa setiap masalah sosial yang ada dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat dipelajari secara kritis –interdisipliner
 Memahami jalan pikiran para ahli ilmu pengetahuan lain sehingga meningkatkan wawasan pemikiran dan kepribadian agar memperoleh wawasan pemikiran yang luas
 Peka terhadap masalah sosial serta tanggap dalam menanggulanginya.




C. HUBUNGAN ILMU SOSIAL DASAR DENGAN IPS

Persamaan Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan IPS adalah :
• Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan atau pengajaran
• Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
• Menpunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial


Antara keduanya juga memiliki perbedaan, diantaranya :
• Ilmu Sosial Dasar diberikan di perguruan tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan lanjutan
• Ilmu Sosial Dasar merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial ialah kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)
• Ilmu Sosial Dasar diarahkan untuk pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keteranpilan intelektual.



D. RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR

Materi ISD yang diajarkan berupa masalah-masalah sosial. Untuk mempelajarinya, kita harus mengidentifikasi kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep tertentu. Sehingga dibedakan menjadi tiga golongan, diantaranya :
1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
2. Konsep sosial atau pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar/ elementer yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah sosial yang dibahas.
3. Masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial antara satu denga yang lain saling berkaitan.


Terdapat 8 pokok bahasan dalam ruang lingkup ISD, antara lain :

 Berbagai masalah kependudukan dalam hubungan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
 Masalah pemuda dan sosialisasi
 Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
 Masalah individu, keluarga dan masyarakat
 Masalah hubungan antara warga negara dan negara
 Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan
 Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integerasi
 Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar