Minggu, 03 Oktober 2010

Artikel yang berhubungan dengan Ilmu Sosial Dasar

Nama : NURUL HIDAYATI
Kelas : 1KA31
NPM : 18110909


Artikel yang Berhubungan dengan Ilmu Sosial Dasar (ISD)


A. PENGERTIAN MASALAH SOSIAL

Masalah sosial merupakan akibat dari interaksi sosial antarindividu, antara individu dengan kelompok atau antara suatu kelompok dengan kelompok lain. Menurut Soerjono Soekanto, masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Beliau juga membedakan masalah sosial menjadi empat, yaitu sebagai berikut:
a. Masalah sosial dari faktor ekonomis, seperti kemuskinan dan pengangguran.
b. Masalah sosial dari faktor boilogis, seperti penyakit menular.
c. Masalah sosial dari faktor psikologis, seperti penyakit saraf dan bunuh diri.
d. Masalah sosial dari faktor kebudayaan, seperti perceraian dan kenakalan remaja.

Masalah sosial terjadi karena adanya perbedaan yang mencolok antara nilai-nilai dalam suatu masyarakat. Tingkat perbedaan tersebut berbeda untuk setiap masyarakat, tergantung pada nilai-nilai yang mereka anut bersama. Selain dari proses-proses sosial, masalah sosial juga berasal dari bencana alam, seperti gempa bumi, kemarau panjang, dan banjir. Contoh, banjir bukanlah sebuah masalah sosial. Namun, akibat lanjutan yang timbul seperti kehilangan tempat tinggal merupakan sebuah masalah sosial.
Dalam masyarakat umumnya terdapat sekelompok kecil individu yang mempunyai kekuasaan dam wewenang lebih besar untuk menentukan apakah sesuatu dianggap masalah sosial atau bukan. Antara lain pemerintah, organisasi sosial, tokoh masyarakat, dewan atau musyawarah masyarakat. Suatu kejadian atau rentetan peristiwa berubah menjadi masalah sosial ketika hal itu menarik perhatian masyarakat. Namun, tidak semua masalah sosial menjadi perhatian masyarakat. Sebaliknya suatu yang menjadi perhatian masyarakat belum tentu masalah sosial.



B. CONTOH MASALAH SOSIAL DALAM MASYARAKAT

1. Kemiskinan
Kemiskinan dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan disaat seseorang tidak sanggup memelihara dirinya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan kelompok dan juga tidak mampu memanfaatkan tenaga mental ataupun fisiknya dalam kelompok tersebut. Kemiskinan menjadi sebuah masalah sosial ketika mereka sadar bahwa mereka telah gagal untuk memperoleh lebih daripada apa yang telah dimilikinya dan perasaan akan adanya ketidakadilan. Dalam masyarakat, kemiskinan dilihat dari suatu keadaan dimana seseorang tidak memiliki harta yang cukup untuk memenuhi standar kehidupan yang ada dilingkungannya.

2. Kejahatan
Kejahatan terjadi karena kondisi sosial yang sama, yang menghasilkan prilaku sosial yang berbeda. Perilaku jahat itu dipelajari melalui pergaulan yang dekat dengan pelaku kejahatan sebelumnya.

3. Perpecahan Keluarga
Perpecahan keluarga terjadi karena anggota-anggotanya gagal memenuhi kewajibannya yang sesuai dengan peranannya. Bentuk-bentuknya adalah perceraian dan buruknya komunikasi antara anggota keluarga.

4. Masalah Generasi Muda dalam Masyarakat
Dalam masyarakat sekarang, generasi muda seolah-olah terjepit antar norma-norma lama dan baru (yang kadang belum terbentuk). Generasi tua seolah-olah tidak menyadari bahwa sekarang ukurannya bukan lagi usia, akan tetapi kemampuan. Generasi muda sama sekali tidak diberi kesempatan untuk membuktikan kemampuannya. Dalam masyarakat perkotaan, kondisi ini diperparah lagi dengan kurangnya perhatian orang tua terhadap perkembangan anaknya karena sibuk mencari nafkah.

5. Peperangan
Peperangan merupakan sebuah bentuk pertentangan antara kelompok masyarakat termasuk negara. Peperangan menyebabkan disorganisasi dalam berbagai spek masyarakat, baik bagi pihak yang menang maupun yang kalah.




(sumber : organisasi.org/pengertian masalah sosial dan jenis masalah sosial dalam masyarakat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar