Jumat, 17 Januari 2014

Arsitektur dari Open Services Gateway Initiative (OSGi)


Open Service Gateway Initiative (OSGi) adalah sebuah sistem dan aplikasi yang berbasis komponen platform yang terintegrasi. Teknologi OSGi menyediakan sebuah service-oriented, yakni lingkungan yang berbasis komponen untuk pengembang dan menawarkan jalan standard untuk mengatur siklus hidup software.

Ada kerangka/model arsitektur OSGi yang menyediakan suatu lingkungan untuk mendefinisikan dan membagi aplikasi ke dalam kumpulan yang lebih kecil. Setiap bundel adalah saling berhubungan erat, dynamically loadable kelas koleksi, dan file-file konfigurasi yang secara eksplisit menyatakan dependensi eksternal mereka (jika ada). Model yang simple ini telah jauh mencapai efek dari segala aspek dari proses pengembangan software.

Lapisan OSGi
----------------
Model arsitektur lapisan dari OSGi adalah sebagai berikut :

Keterangan :

a.Bundles : komponen OSGi yang dibuat oleh pengembang/developer. Bundel adalah sekelompok kelas Java dan sumber daya tambahan yang dilengkapi dengan rincian file pada MANIFEST.MF, serta layanan tambahan yang diperlukan untuk memberikan kelompok termasuk kelas Java perilaku yang lebih canggih.
b.Services : lapisan service menghubungkan bundles dalam sebuah jalan dinamik dengan menawarkan model publish-find-bind untuk objek Java yang lama.
c.Life Cycle : API untuk menginstall, memulai, menghentikan, update dan menguninstall bundles.
d.Modules : lapisan yang menjelaskan bagaimana bundles dapat mengimport dan mengexport kode.
e.Security : lapisan yang memegang aspek keamanan dengan membatasi fungsionalitas bundel untuk pra didefinisikan kemampuan.
f.Execution Environment : menjelaskan class dan method apa yang ada di platform.



Referensi :
http://andhirapradana.blogspot.com/2012/11/arsitektur-dari-open-service-gateway.html
http://agungrastafun.blogspot.com/2012/12/bagaimana-arsitektur-dari-osgi-open.html
http://anjar77.wordpress.com/2012/12/30/arsitektur-open-services-gateway-initiative-osgi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar