Sabtu, 15 Juni 2013

Rawat Kulit Sesuai Jenis Kulitmu


Wanita mana yang nggak mau punya kulit sehat terawat, mulus, dan merona cerah? Sayangnya, keinginan itu seringkali nggak disertai dengan pemahaman yang baik mengenai hal paling mendasar dalam perawatan wajah: kenali jenis kulit. Yeap! Mengenali jenis kulit sangat penting untuk menentukan jenis perawatan kulit yang akan kita lakukan karena beda jenis kulit, beda juga kebutuhannya. Jenis kulit wajah secara umum terbagi jadi tiga:


KERING
Ciri-ciri:
Jika diraba, kulit terasa agak kasar dan kesat. Pada siang hari menuju malam, kulit terasa lebih kering daripada pagi hari meski dua jam sesudah kamu mengoleskan pelembab.
Waspada yang ini:
Kerut keriput halus paling mudah muncul di kulit jenis ini. Kurangnya produksi sebum dan penumpukan sel kulit mati membuat kulit tampak lebih kusam. Kulit kering juga cenderung sensitif.
Rawat dengan ini:
Meski kulit kering, aktivitas membersihkan wajah harus tetap rutin dilakukan. Tapi, hindari pembersih wajah yang berbentuk sabun dan mengandung alkohol. Deterjen dalam sabun dan kandungan alkohol akan semakin mengikis kelembaban kulit. Pilih pembersih wajah yang terdiri dari beberapa langkah, minimal terdiri dari milk cleanser dan toner. Ingat, pilih yang jenis toner bukan astringent, ya. Meski keduanya sama-sama berfungsi untuk membersihkan wajah, namun kandungannya berbeda. Astringent mengandung alkohol, sedangkan kandungan utama toner adalah air. Toner aman digunakan setiap hari.

BERMINYAK
Ciri-ciri:
Berpori-pori besar , sangat kenyal, dan mengilat terutama saat siang hari saat kelenjar minyak di wajah sedang sangat aktif.
Waspada yang ini:
Produksi minyak berlebih seringkali menyumbat pori-pori sehingga komedo dan jerawat lebih mudah tumbuh di kulit jenis ini.
Rawat dengan ini:
Salah satu keuntungan dari kulit berminyak adalah awet muda. Yeap! Kadar minyak berlebih cenderung menjaga kekenyalan kulit sehingga keriput nggak mampir terlalu dini. Makanya, yang perlu kamu lakukan adalah bukan menghilangkan minyak melainkan mengontrol kadar minyak. Gunakan permbersih wajah khusus untuk kulit berminyak. Lakukan eksfoliasi menggunakan scrub berbutir halus, cukup dua kali seminggu. Untuk daerah kulit yang sangat berminyak dan berjerawat, gunakan astringent. Tapi... pilih yang kadar alkoholnya rendah, ya .

KOMBINASI/NORMAL
Ciri-ciri:
Lebih kering di bagian pipi, tapi lebih berminyak di daerah T (dahi, hidung, dagu). Ukuran pori-pori sedang dan umumnya sedikit membesar di sekitar hidung. Kulit terlihat lebih cerah dan sehat.
Waspada yang ini:
Kulit kombinasi cenderung lebih mudah dirawat karena kadar minyaknya masih termasuk dalam kadar normal. Meski begitu, jerawat dan komedo sesekali akan tetap menyerang daerah T.
Rawat dengan ini:
Namanya juga kombinasi, perawatannya pun harus mempadukan perawatan kulit kering dan berminyak, dong. Pilih perawatan kulit yang terdiri dari beberapa langkah untuk memenuhi semua kebutuhan kulit kamu. Setelah menggunakan milk cleanser dan toner, gunakan astringent untuk daerah T untuk mengontrol kadar minyak.



sunber : http://www.jafraindonesia.blogspot.com/2013/05/kenali-jenis-kulit-yuk.html

1 komentar: