Minggu, 02 Desember 2012

Jokowi Si Jakarta-1 Dimataku



JOKOWI, siapa yang tidak mengenalnya? Pemilik nama lengkap Joko Widodo yang dahulu menjabat sebagai walikota solo, namun sekarang telah menjadi gubernur untuk provinsi DKI Jakarta. Kemenangan pasangan Jokowi dalam pemilihan Gubernur Jakarta pada putaran pertama dan kedua menjadi sebuah indikator bahwa masyarakat Indonesia umumnya juga tengah dilanda kerinduan terhadap seorang figur pemimpin yang memiliki kecerdasan emosional, apa yang terjadi di Jakarta menjadi sebuah barometer kehidupan dan detak jantung masyarakat Indonesia karena Jakarta sebagai Ibukota Republik Indonesia merupakan mikrokosmos kehidupan nasional.

Gubernur Jakarta yang sekarang menjadi buah bibir diberbagai perbincangan masyarakat Indonesia bagaikan sebuah oase ditengah apatisme masyarakat yang selama ini telah merasa muak dan bosan melihat tingkah laku para elit politik yang hanya sibuk sendiri dengan politik pencitraan, mementingkan diri sendiri serta kelompoknya dan tidak mampu berempati terhadap jeritan hati nurani rakyat.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau biasa disebut Jokowi memang tidak sering rapat dalam menghadapi berbagai persoalan. Jokowi lebih suka terjun langsung menemui masyarakat.
Hampir setiap hari, Jokowi terjun langsung ke daerah-daerah, menemui warga, memantau banjir, atau melakukan inspeksi mendadak ke kantor-kantor pemerintah di bawah naungan Pemprov DKI Jakarta.

Untuk urusan rapat, Jokowi terkadang melakukan rapat di tempat tidak biasa. Bukan di ruangan ber-AC seperti di Balai Kota dan hotel. Malah Jokowi memilih rapat kecil-kecilan di jalan raya atau di tempat kumuh.

Tentu inilah sikap pemimpin yang diinginkan masyarakat khususnya warga DKI Jakarta. Sosok pemimpin yang tidak mementingkan pencitraan, sederhana dan lebih memilih terjun langsung untuk mendengar aspirasi masyarakat.
Masyarakat pun berharap sikap dan prilaku Pak Jokowi ini di tiru dan dicontoh oleh para pemimpin yang hanya mementingkan diri sendiri dan tidak memiliki rasa peduli terhadap jeritan hati masyarakatnya.
Kita tunggu saja gebrakan baru Pak Jokowi untuk Jakarta tercinta ini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar