Jumat, 17 Januari 2014

Arsitektur dari Open Services Gateway Initiative (OSGi)


Open Service Gateway Initiative (OSGi) adalah sebuah sistem dan aplikasi yang berbasis komponen platform yang terintegrasi. Teknologi OSGi menyediakan sebuah service-oriented, yakni lingkungan yang berbasis komponen untuk pengembang dan menawarkan jalan standard untuk mengatur siklus hidup software.

Ada kerangka/model arsitektur OSGi yang menyediakan suatu lingkungan untuk mendefinisikan dan membagi aplikasi ke dalam kumpulan yang lebih kecil. Setiap bundel adalah saling berhubungan erat, dynamically loadable kelas koleksi, dan file-file konfigurasi yang secara eksplisit menyatakan dependensi eksternal mereka (jika ada). Model yang simple ini telah jauh mencapai efek dari segala aspek dari proses pengembangan software.

Lapisan OSGi
----------------
Model arsitektur lapisan dari OSGi adalah sebagai berikut :

Keterangan :

a.Bundles : komponen OSGi yang dibuat oleh pengembang/developer. Bundel adalah sekelompok kelas Java dan sumber daya tambahan yang dilengkapi dengan rincian file pada MANIFEST.MF, serta layanan tambahan yang diperlukan untuk memberikan kelompok termasuk kelas Java perilaku yang lebih canggih.
b.Services : lapisan service menghubungkan bundles dalam sebuah jalan dinamik dengan menawarkan model publish-find-bind untuk objek Java yang lama.
c.Life Cycle : API untuk menginstall, memulai, menghentikan, update dan menguninstall bundles.
d.Modules : lapisan yang menjelaskan bagaimana bundles dapat mengimport dan mengexport kode.
e.Security : lapisan yang memegang aspek keamanan dengan membatasi fungsionalitas bundel untuk pra didefinisikan kemampuan.
f.Execution Environment : menjelaskan class dan method apa yang ada di platform.



Referensi :
http://andhirapradana.blogspot.com/2012/11/arsitektur-dari-open-service-gateway.html
http://agungrastafun.blogspot.com/2012/12/bagaimana-arsitektur-dari-osgi-open.html
http://anjar77.wordpress.com/2012/12/30/arsitektur-open-services-gateway-initiative-osgi/

Spesifikasi dari Open Services Gateway Initiative (OSGi)


Spesifikasi OSGI yang sekarang banyak ditemukan dan digunakan dalam aplikasi mulai dari ponsel ke open source Eclipse IDE. Penerapan OSGI yang digunakan dalam aplikasi lain meliputi mobil, otomasi industri, otomatisasi bangunan, PDA, komputasi grid, hiburan (misalnya iPronto), armada manajemen dan aplikasi server. Adapun perangkat spesifikasi yang lain dimana OSGI akan dirancang untuk melengkapi standar perumahan yang ada, seperti orang – orang LonWorks (lihat kontrol jaringan), CAL, CEBus, HAVi, dan lain-lain.

Inti bagian dari spesifikasi adalah suatu kerangka kerja yang mendefinisikan aplikasi model manajemen siklus hidup, sebuah layanan registrasi, sebuah lingkungan eksekusi dan modul. Berdasarkan kerangka ini, sejumlah besar OSGI layers, API, dan Jasa telah ditetapkan.
Spesifikasi OSGI yang dikembangkan dalam proses terbuka dan tersedia untuk umum secara gratis di bawah Lisensi Spesifikasi OSGI. OSGI Alliance yang memiliki program kepatuhan yang hanya terbuka untuk anggota.
Spesifikasi yang sekarang digunakan dalam aplikasi mulai dari ponsel ke open source Eclipse IDE. Wilayah aplikasi lain meliputi mobil, otomasi industri, otomatisasi bangunan, PDA, komputasi grid, hiburan (misalnya iPronto), armada manajemen dan aplikasi server.

Saat ini, sebagian besar perangkat lunak sebagian besar kabel sampai artefak open source yang sering tidak dirancang untuk bekerja bersama-sama. Hal ini mirip dengan masalah yang OSGi dirancang untuk memecahkan. Banyak proyek open source karena itu mengadopsi spesifikasi OSGi karena mereka melihat bahwa mereka dapat fokus pada masalah nyata dan khawatir kurang tentang infrastruktur, serta menjadi lebih mudah untuk digunakan dalam proyek-proyek lainnya.


Referensi :
http://addebetycaem.blogspot.com/2011/01/spesifikasi-dari-open-services-gateway.html
http://andhirapradana.blogspot.com/2012/11/spesifikasi-dari-open-service-gateway.html
http://fitrinurhayati91.blogspot.com/2012/11/bagaimana-spesifikasi-dari-open-service.html

Rabu, 15 Januari 2014

Penjelasan Singkat tentang Open Services Gateway Initiative (OSGi)

OSGI adalah sebuah interface pemrograman standar terbuka. OSGI (Open Service Gateway Initiative) merupakan sebuah rencana industri untuk cara standar untuk menghubungkan perangkat seperti perangkat rumah tangga dan sistem keamanan ke Internet. OSGI berencana menentukan program aplikasi antarmuka (API) untuk pemrogram menggunakan, untuk memungkinkan komunikasi dan kontrol antara penyedia layanan dan perangkat di dalam rumah atau usaha kecil jaringan. OSGI API akan dibangun pada bahasa pemrograman Java. Program java pada umumnya dapat berjalan pada platform sistem operasi komputer.

The OSGI Alliance (sebelumnya dikenal sebagai Open Services Gateway inisiatif) adalah sebuah organisasi standar terbuka yang didirikan pada Maret 1999. Aliansi dan anggota – anggotanya telah ditentukan sebuah layanan berbasis Java platform yang dapat dikelola dari jarak jauh.

OSGi merupakan system modul dinamik untuk Java dan sebuah system dan aplikasi interoperability berbasis komponen platform yang terintegrasi. Teknologi OSGi adalah Universal Middleware. Teknologi OSGi menyediakan sebuah service-oriented, lingkungan yang berbasis komponen untuk pengembang dan menawarkan jalan standard untuk mengatur siklus hidup software. Kemampuan ini dapat menambah nilai jangkauan dari computer dan peralatan yang menggunakan platform Java dengan sangat hebat. Teknologi OSGi mengadopsi keuntungan dari menambah time-to-market dan mengurangi biaya pengembangan karena teknologi OSGi menyediakan subsistem komponen yang terintegrasi dari pre-build dan pre-tested. Teknologi ini juga mengurangi biaya perawatan dan memberikan kesempatan aftermarket yang baru dan unik karena jaringan dapat digunakan untuk update secara dinamik dan mengirimkan service dan aplikasi di lapangan.

Teknologi OSGi meliputi :

• The Problem (Permasalahan)
• The Solution (Pemecahan Masalah)
• The Framework (Kerangka Kerja)
• Standard Services (Pelayanan Standard)
• Framework Services (Pelayanan Kerangka Kerja)
• System Services (Pelayanan Sistem)
• Protocol Services (Pelayanan Protokol)
• Miscellaneous Services (Bermacam-macam pelayanan)
• Conclusion (Kesimpulan)



Referensi :
http://myselfitsnotenough.wordpress.com/2013/01/22/open-service-gateway-initiative-osgi/
http://jabberfunky.wordpress.com/2012/10/10/osgi/
http://keyropisabatian.blogspot.com/2013/12/open-services-gateway-initiative-osgi.html



Nama : NURUL HIDAYATI
NPM : 18110909
Kelas : 4KA30

Struktural Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia

Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia (AMIC) dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi: BMW, DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW. Juru bicara menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik.

Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia (AMIC) menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output. AMIC juga dibuat untuk menciptakan standar umum yang digunakan untuk mengatur bagaimana cara kerja perangkat elektronik, seperti komputer dan hiburan unit, berkomunikasi dan saling berhubungan dengan kendaraan atau otomotif.

AMIC telah membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk.

AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi: BMW, DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana untuk mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa depan.


Referensi :
http://randi-pradipta.blogspot.com/2012/11/kolaborasi-antar-muka-otomotif_2082.html
http://alexanderfransiskus.blogspot.com/2013/11/kolaborasi-antarmuka-otomotif.html
http://elvan-gtu.blogspot.com/2009/12/kolaborasi-antar-muka-otomotif.html
http://saverobahael.blogspot.com/2013/11/mengetahui-bagaimana-arsitektur.html



Nama : NURUL HIDAYATI
NPM : 18110909
Kelas : 4KA30

Fungsional Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia

Kendaraan segera akan mengalamin peningkatan perlengkapan dengan ditambahkannya sistem digital Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia ( atau yang lebih dikenal dengan AMI-C) yang mendukung beberapa aplikasi seperti untuk mengakses informasi, komunikasi, kemanan dan internet. Ketertarikan terhadap aplikasi multimedia pada kendaraan meningkat,seperti pengenalan aplikasi real-time, kamera kecepatan tinggi.
Seiring dengan semakin meningkatnya komersialisasi lalu lintas multimedia dan pelayanan pariwisata dan travel. Oleh sebab itu, kebutuhan akan multimedia bus yang diletakkan pada kendaraan akan meningkat.

AMI-C mengembangkan dan standarisasi yang umum multimedia dan telematika otomotif antarmuka untuk kendaraan jaringan komunikasi. Kolaborasi antar muka otomotif multimedia memiliki beberapa tujuan dalam meningkatkan perkembangan dalam dunia otomotif yakni:

*) Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalamkendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.

*) Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.

*) Menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi – dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.

*) Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan – industri otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.


Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng teknologi Open Service Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk platform sofware yang dibangun untuk informasi mobile dan sistem entertainment. Dalam kombinasi’a, AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform software yang umum dan pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif berbasis wireless. Untuk pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan pilihan software aplikasi yang luas.


Referensi :
http://alexanderfransiskus.blogspot.com/2013/11/kolaborasi-antarmuka-otomotif.html
http://mussofiany.blogspot.com/2012/12/bagaimana-fungsional-kolaborasi.html
http://twentynineforaugust.blogspot.com/2013/01/fungsional-kolaborasi-antarmuka.html
http://elvan-gtu.blogspot.com/2009/12/kolaborasi-antar-muka-otomotif.html



Nama : NURUL HIDAYATI
NPM : 18110909
Kelas : 4KA30


Selasa, 14 Januari 2014

Pengenalan dan Arsitektur Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia


The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMI-C) didirikan pada
Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk
multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi
berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. AMI-C merupakan inisiatif dari pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota. Dengan demikian menyediakan kesempatan
strategis baru untuk mencapai suatu persyaratan sebagai dasar
untuk konvergensi pasar.

Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia merupakan sebuah kelompok
yang dibuat oleh pembuat untuk menciptakan standard umum yang digunakan untuk
mengatur bagaimana cara kerja perangkat elektronik, seperti komputer dan hiburan unit,
berkomunikasi dengan kendaraan.
Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C mengembangkan dan standarisasi yang umum multimedia dan telematika otomotif untuk kendaraan antarmuka jaringan komunikasi.

AMIC telah membuat suatu
kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan struktur
organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang diperlukan untuk
hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk.

Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng teknologi Open Service Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk platform sofware yang dibangun untuk informasi mobile dan sistem entertainment. Dalam kombinasi’a, AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform software yang umum dan pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif berbasis wireless. Untuk pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan pilihan software aplikasi yang luas.



Nama : Nurul Hidayati
NPM : 18110909
Kelas : 4KA30



Referensi :
http://randi-pradipta.blogspot.com
http://adiprasetyanto92.blogspot.com
http://elvan-gtu.blogspot.com
http://saverobahael.blogspot.com
http://ridwan-simbada.blogspot.com